Berita Terupdate
IBX5AA69669434FB
Posted by Lana rezky in , | Maret 09, 2019 No comments

Pasang kamera CCTV : Mengenal Jenis-Jenis Kamera CCTV

Seiring perkembangan zaman, pasang kamera CCTV bukanlah hal yang asing lagi. Pasalnya saat ini kamera CCTV seakan-akan menjadi kebutuhan yang wajib ada di beberapa tempat seperti kantor, jalan raya, bank, dan tempat-tempat lainnya bahkan di rumah sendiri. Semua itu tidak terlepas dari fungsi kamera CCTV yang efektif untuk menjaga keamanan.

Terlepas dari itu semua ada beberapa jenis kamera CCTV yang beredar dipasaran dengan berbagai merek, karakteristik, dan spesifikasi yang berbeda. Nah pada artikel ini kami akan mengajak Anda untuk mengenal jenis-jenis kamera CCTV. Berikut ulasan lengkapnya.

1.      Kamera AHD
Yakni analog high definiton, kamera pengawas dengan kabel coaxial yang berfungsi mengirimkan video HD dari kamera menuju DVR. Kamera ini memiliki resolusi HD 720p.
Adapun kelebihan dari kamera ini diantaranya adalah mampu menggunakan kabel UTP hingga 320 meter/960 kaki dengan kabel CAT5. Selain itu kabel coaxial yang digunakannya yaitu kabel coaxial RG50 yang mampu menjangkau jarak sejauh 250 meter dengan kualitas baik.

2.      IP Dome Kamera
Kamera CCTV yang satu ini disebut juga kamera kubah. Yang mana kamera jenis ini tidak dapat dikontrol dari jarak jauh. Kamera ini memiliki jaringan sendiri sehingga video HD nantinya dikirim langsung di kamera yang kemudian dikirimkan ke network video recorder (NVR), browser web maupun smartphone. Umumnya, kamera ini dipasang di langit-langit ruangan dengan digantungkan.

3.      IP Wifi Kamera
Bagi Anda yang ingin pasang kamera CCTV, perlu diketahui bahwa kamera ini memiliki kemampuan mentransmisikan resolusi video melalui jaringan wifi hingga resolusi 3 megapiksel.
Kamera ini dapat membantu pemilik dapat berhubungan dengan siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Videonya dapat diakses secara live melalui streaming dengan aplikasi live view dari gadget.
Selain itu kamera ini praktis jika difungsikan sebagai kamera pengawas karena memiliki berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Seperti fitur deteksi gerakan di malam hari, mengenali wajah seseorang, dan lain sebagainya.

4.      IP Weatherproof camera
Kamera CCTV yang satu ini merupakan kamera yang dapat digunakan untuk outdoor. Semakin tinggi resolusi kamera, maka gambar yang terlihat dapat semakin jelas dan detail.
Selain itu, kamera ini memiliki banyak model yang memiliki built-in IR cut-switch yang dengan otomatis akan mengaktifkan dan menonaktifkan inframerah sesuai pencahayaan lokasi. Sehingga, kamera ini mampu menangkap gambar dan memiliki perekam yang baik yang tetap dapat berfungsi di malam hari.
Kamera CCTV yang satu ini juga dapat digunakan untuk akses jarak jauh melalui smartphone. Sehingga gambar dapat ditampilkan dimanapun dan kapanpun.

5.      Explosion Proof camera
Kamera CCTV yang satu ini biasanya digunakan untuk daerah-daerah tertentu, seperti lokasi pertambangan, industri, pabrik, dan lokasi-lokasi yang memungkinkan terjadinya ledakan. Hal ini karena sifat kamera yang didesain untuk tahan ledakan, tahan air, dan bebas dari debu.
Dengan adanya penggunaan kamera ini diharapkan dapat menciptakan kondisi kerja yang lebih aman dan menghemat biaya daripada melakukan pengawasan secara langsung.

6.      Standard Camera
Pada kamera jenis ini biasanya menggunakan lensa berupa fixed lens, varifocal atau lensa zoom bermotor. Kamera CCTV yang satu ini kebanyakan digunakan pada ATM, bank, toko maupun hotel. Hal ini karena jenisnya yang dapat dipasang dimanapun baik di ruangan maupun di luar ruangan.  

Demikianlah beberapa jenis kamera CCTV yang perlu Anda ketahui sebelum pasang kamera CCTV. Selain tersedia kamera dengan variasi harga dan merek, tentunya setiap kamera memiliki spesifikasi masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti yang kami sediakan di jp cctv.

0 komentar:

Posting Komentar