Ini Dia Berbagai Pilihan Cara Mudah Bayar Iuran BPJS yang Bisa Anda Coba

Kesehatan menjadi hal yang paling mahal harganya dibandingkan dengan apapun yang ada di dunia, itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk selalu merawat tubuh agar berada dalam kondisi optimal, tidak mudah sakit. Hanya saja juga tidak bisa dipungkiri jika seandainya penyakit bisa datang kapan saja dan juga menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, jika sudah seperti ini satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah dengan berobat. Tidak masalah jika seandainya penyakit yang menyerang tersebut adalah jenis-jenis penyakit ringan, karena biaya berobatnya juga murah, namun jika sudah penyakit berbahaya maka akan memerlukan banyak biaya pengobatan, itulah mengapa ada kewajiban bagi masyarakat Indonesia memiliki kartu BPJS. Jenis asuransi kesehatan yang memang harus dimiliki oleh semua kalangan. Bayar iuran BPJS tersebut secara teratur untuk bisa klaim jika nantinya dibutuhkan.

Bayar Iuran BPJS

Sebenarnya kartu sehat yang satu ini adalah program dari pemerintah, untuk membuat masyarakat, baik itu dari kalangan bawah, menengah maupun atas bisa menikmati layanan kesehatan yang memadai. Mengingat dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang memang sangat banyak diantara angka kematian yang disebabkan oleh ketidak mampuan masyarakat dalam membiayai pengobatan mereka.

Padahal BPJS ini tawarkan lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta, diantaranya adalah melihat dari nilai preminya yang tidak terlalu tinggi, hingga prosedur klaimnya yang sangat mudah, untuk pembiayaan sendiri nyatanya juga sangat mudah, berikut ini diantara beberapa cara untuk bayar iuran BPJS ini teratur, yaitu:

  1. Cek terlebih dahulu tagihan BPJS yang Anda miliki, sama halnya seperti pembayaran PDAM maupun listrik secara online, maka sebelum dilakukan transfer Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu berapa nilai tagihan yang ada, sehingga tak salah dalam nominalnya. Pengecekan ini bisa dilakukan secara mudah lewat laman cek pembayaran iuran, nantinya Anda harus memasukkan nomor kartu yang dimiliki serta tanggal lahir, maka nantinya rincian biaya secara langsung akan keluar. Selain dengan mengunjungi websitenya maka bisa juga lakukan pengecekan dari SMS.
  2. Bayar lewat kantor BPJS kesehatan tersebut, di semua daerah yang ada di Indonesia sudah ada sekarang ini kantor tempat pembayaran yang secara khusus digunakan untuk mempermudah dalam melakukan pembayaran secara langsung, cukup datang saja ke tempatnya sambil membawa kartu BPJS yang sudah dimiliki tersebut dan tunjukkan kepada bagian yang berjaga.
  3. Bayar lewat ATM, beberapa diantara bank sudah bekerjasama untuk memudahkan dalam pembayaran iuran untuk anggota BPJS tersebut, diantaranya adalah bank BNI, Mandiri, BRI dan juga BCA, cukup dengan datang ke ATM terdekat kemudian Anda bisa langsung melakukan transaksi untuk pembayaran BPJS sesuai dengan nominal yang sudah dicek tersebut.
  4. Kantor pos, tempat lain yang bisa digunakan sebagai lokasi pembayaran adalah lewat kantor pos, caranya mudah seperti bayar lewat kantor BPJS.
  5. Bayar di minimarket Indomaret maupun Alfamaret juga bisa, tinggal datang secara langsung ke bagian kasirnya dan tunjukkan kartu BPJS, nantinya akan dilayani untuk melakukan pembayaran.
  6. Bayar di loket pembayaran multi tagihan, umumnya memang ada beberapa loket yang menawarkan fasilitas pembayaran mulai dari listrik, air hingga pembayaran iuran BPJS ini.

Mudah bukan, jika Anda ingin melakukan pembayaran sendiri online sekarang ini juga bisa dilakukan. Jangan sampai telah bayar iuran BPJS Anda sehingga kartu tak sampai non aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *