Cara Mudah Perpanjang STNK Secara Online    

Dahulu untuk memperpanjang STNK kendaraan bermotor sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang lama karena harus antri dari pagi hari. Namun sekarang untuk mengurusnya bisa lebih mudah dan cepat karena terbantu dari perkembangan teknologi terutama internet sehingga sekarang perpanjang STNK online sudah bisa dilakukan. Anda bisa memperpanjang STNK dimana saja dan kapan saja.

Perpanjang STNK Online

Hal ini sangat membantu masyarakat, terutama masyarakat yang sibuk dan sedang berada di luar kota sehingga tidak memungkinkan untuk datang ke Samsat untuk memperpanjang STNK. Untuk membayar perpanjangan STNK anda tinggal membayarnya dengan transfer yang bisa dilakukan melalui ATM yang ada di dekat anda. Jadi anda tidak perlu membayarnya di loket pembayaran STNK yang ada di Samsat. Bukti transfer tersebut akan menjadi bukti sementara bahwa anda sudah melakukan pembayaran pajak. Untuk melengkapi syaratnya juga mudah, anda tinggal mengupload/mengunggah dokumen-dokumen yang di minta di website resmi untuk memperpanjang STNK.

Yang perlu diketahui adalah mengurus perpanjangan STNK secara online berbeda-beda untuk setiap daerah. Karena setiap daerah memiliki sistem masing-masing. Karena itulah sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu tata cara melakukan perpanjangan STNK secara online yang ada di daerah anda. Untuk masyarakat yang berada di Jakarta, ada 4 langkah yang harus dilakukan ketika ingin memperpanjang STNK secara online. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Untuk memperpanjang STNK secara online, setidaknya anda harus sudah mengurusnya 40 hari sebelum jatuh tempo pembayaran. Apabila anda terlewat dari waktu jatuh tempo, maka anda harus membayarnya ke Samsat.
  2. Setelah semua persyaratan sudah anda penuhi, anda bisa membayarnya melalui ATM terdekat. Pada menu pembayaran, anda pilih PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)/STNK (Surat Tanda Naik Kendaraan). Setelah itu pilih kolom e-samsat yang ada pada layar ATM. Nanti ATM akan menampilkan jumlah tagihan yang harus dibayar.
  3. Setelah selesai melakukan pembayaran, anda harus menyimpan struk pembayaran tersebut sebagai bukti bahwa anda telah menyelesaikan proses perpanjangan STNK. Perlu diingat bahwa membayar menggunakan ATM, anda akan dikenakan biaya administrasi dari bank.
  4. Ketika anda ada waktu, anda bisa datang ke Samsat untuk menukarkan struk pembayaran pajak kendaraan anda dengan lembar pengesahan STNK.

Berbeda dengan Jakarta, untuk daerah Jawa Barat sebelum anda melakukan pembayaran perpanjangan STNK secara online melalui ATM, anda harus mengirimkan SMS ke e-samsat untuk mendapatkan kode pembayaran. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Ketik SMS dengan format: esamsat (spasi) no rangka (spasi) NIK/KTP
  2. Kirimkan SMS ke 0811-211-9211

Dan anda hanya bisa membayar menggunakan ATM yang bank-banknya sudah bekerja sama dengan Samsat Polda Jawa Barat seperti Bank Jabar, BRI, BCA, BNI dan juga CIMB Niaga. Berbeda dengan daerah Jakarta, karena di Jakarta anda hanya bisa membayarnya menggunakan Bank DKI Jakarta. UntStruk yang anda dapatkan dari ATM juga harus ditukarkan dengan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) di samsat. Mengurus pajak kendaraan bermotor memang cukup rumit, namun apabila anda memiliki kendaraan bermotor maka mau tidak mau anda harus melakukan pembayaran pajak tersebut. Apabila anda berencana untuk menambah kendaraan pribadi anda juga tidak masalah, dengan begitu anda bisa membayarnya secara bersamaan. Jadi pastikan anda membeli kendaraannya berdekatan dengan waktu pembayaran kendaraan bermotor anda yang lama jadi bisa membayar pajak bersama-sama. Apabila anda tertarik membeli kendaraan baru, anda bisa meminjam dana melalui situs modalkita.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *